Gambar Cara Mengatasi Cartridge Bocor Terbaru
Printer

Cara Mengatasi Cartridge Bocor

Iplanchallenge.com – Ternyata masih banyak pengguna printer yang bingung mencari cara mengatasi cartridge bocor. Pasalnya saat terjadi masalah cartridge bocor pada printer yang digunakan, tentunya tinta akan sedikit banyak keluar dari cartridge yang bocor.

Cartridge sendiri mempunyai berbagai ragam bentuk dan tipe yang mengikuti dari printer itu sendiri. Cartridge sendiri berisi percampuran antara tinta dan pelumas khusus (sebagian cartridge ada yang kedap air).

Permasalahan cartridge bocor memang sudah tidak asing lagi bagi pengguna printer, bahkan faktor ini bisa menjadikan orang berpikir dua kali jika akan membeli printer. Harga cartridgenya yang cukup mahal pun menjadi pertimbangan untuk membeli printer.

Namun semua itu tidak akan terjadi jika sudah paham dan tahu benar masalah pemasangan dan perawatan cartridge. Untuk yang cartridgenya sedang bocor, yuk langsung simak saja 6 cara mengatasi cartridge bocor yang benar dibawah ini!

1. Keluarkan Cartridge dari Printer

Gambar keluarkan cartridge

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk mengatasi cartridge bocor adalah mengeluarkan cartridge dari dalam printer. Coba bersihkan tempat dudukan printer menggunakan tisu secara perlahan, cek juga bagian encodernya.

Untuk cartridge yang sudah kalian keluarkan sebelumnya, rendamlah menggunakan alkohol kurang lebih 3 hingga 5 menit. Jangan sekali-kali menggunakan air untuk merendam cartridge, sebab terdapat komponen listrik di dalam printer.

Namun jika kalian tidak memiliki alkohol untuk membersihkan, cukup menggunakan tisu kering saja. Bersihkan secara perlahan dan jangan sampai merusak bagian cartridge.

2. Bersihkan Head Cartridge Menggunakan Tisu

Gambar bersihkan dengan tisu

Cara mengatasi cartridge bocor ketika sudah dibersihkan menggunakan alkohol, maka bersihkan bagian head menggunakan tisu juga. Tujuannya adalah untuk membersihkan debu atau bagian-bagian kecil yang menempel pada head cartridge.

Baca Juga: Posisi Cartrigde Warna Canon

3. Temukan Bagian yang Mengalami Kebocoran

Gambar cara mengatasi cartridge bocor

Setelah melakukan dua langkah di atas, selanjutnya adalah mencari letak kebocoran pada cartridge. Tujuannya adalah supaya bisa dilakukan penanganan sederhana pada bagian yang mengalami kebocoran tersebut.

Pastikan secara teliti ada berapa kebocoran pada cartridge printer kalian. Sebab jika kalian ketika mencarinya tidak teliti, dikhawatirkan ketika cartridge sudah dipasang akan tetap saja terjadi kebocoran dari posisi lainnya.

4. Proses Pengeringan

Gambar keringkan cartridge

Ketika kalian sudah menemukan semua area kebocoran pada cartridge, maka coba keringkan terlebih dahulu. Namun jika memang tidak menemukan celah kebocoran, cobalah untuk mengeringkan kurang lebih 1 jam setengah saja sudah cukup.

Beda lagi jika memang terdapat celah kebocoran pada cartridge, maka kalian harus melakukan penanganan seperti dibawah ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris (Paling Ampuh)

5. Tutupi Area Bocor Pada Cartridge

Gambar tutup area kebocoran

Cara mengatasi cartridge bocor dalam tahap ini adalah menutup posisi yang bocor sebelumnya menggunakan selotip atau semacamnya. Pokoknya benda tersebut bisa digunakan untuk menutupi area yang bocor pada cartridge kalian.

Sebelum kalian memasangnya, pastikan lubang pada cartridge sudah tertutup dengan rapat. Hal ini bertujuan untuk mencegah kalian melakukan pembongkaran cartridge jika sudah terpasang (supaya tidak kerja dua kali).

6. Uji Cartridge Printer

Gambar uji coba cartridge printer

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mencega cartridge printer yang bocor adalah melakukan uji coba. Saran saya, supaya selotip yang digunakan untuk menutup lubang tersebut bisa bertahan agak lama, maka letakkanlah pita diatas selotip tersebut.

Cara ini bisa meminimalisir terjadinya kebocoran lagi pada area tersebut, bisa dikatakan antisipasi kedua. Gunakanlah printer kalian secara normal dan jangan sampai melebihi batasnya, dan jangan lupa membuka selotip dan pita.

Cobalah melakukan pengujian pada printer dengan cara mencetak dokumen beberapa lembar. Apabila dirasa sudah aman maka kalian sudah berhasil melakukan penanganan pada permasalahan ini.

Note!

Jika cara yang saya berikan diatas masih tidak berhasil, maka sangat disarankan untuk mengganti cartridge dengan yang baru untuk menghindari kerusakan lebih parah.

Baca Juga: Printer Bluetooth Terbaik (Rekomendasi)

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit informasi yang bisa saya bagikan untuk kalian tentang bagaimana cara mengatasi cartridge yang bocor. Saran saya, untuk mencegah adanya kebocoran pada cartridge printer kalian, lakukan secara hati-hati saat melepas dan memasangnya ketika sudah isi ulang tinta.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa sedikit membantu kalian dalam mengatasi kebocoran cartridge sendiri, tidak perlu membawa ke teknisi printer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.