Gambar Cara Mengatasi Printer Garis Tidak Lurus
Printer

Cara Mengatasi Printer Garis Tidak Lurus

Faktanya, masih banyak sekali pemilik printer yang tidak tau bagaimana cara mengatasi printer garis tidak lurus. Sebab masalah ini sering terjadi pada semua merek printer berupa hasil cetakan yang tidak lurus atau tidak rata.

Masalah error yang muncul pada printer pun bisa disebabkan karena beberapa faktor, tergantung error yang terjadi. Misalnya seperti cetakan garis yang tidak lurus yang biasanya disebabkan dari pita encodernya.

Apakah kalian sedang mengalami error printer begini? Kebetulan sekali, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 2 cara mengatasi printer garis tidak lurus secara mudah.

Penasaran ya, yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

2+ Cara Mengatasi Cetakan Printer Garis Tidak Lurus

Gambar langkah membersihkan pita encoder

Sebelum kalian melakukan penanganan, akan lebih maksimal jika mencari terlebih dulu dari mana penyebabnya. Karena jika sudah mengetahui penyebabnya, akan sangat membantu mempermudah kita dalam melakukan penanganan yang benar.

Namun pada dasarnya, masalah cetakan printer garis tidak lurus biasanya disebabkan adanya kotoran pada pita transparan (encoder). Disini cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan pita encoder dan menggunakan driver bawaan.

Berikut 2 cara mengatasi printer garis tidak lurus:

#1. Cara Mengatasi Cetakan Tidak Lurus dengan Membersihkan Pita Encoder

Cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi cetakan printer tidak lurus pada tabel adalah dengan membersihkan bagian printer. Metode penanganan ini sering sekali dilakukan pada beberapa merk jenis printer dan lebih utamanya adalah pada brand canon.

Pastikan juga bahwa printer kalian memiliki bagian belakang yang mudah dibuka. Sebab pada model tertentu ada bagian yang harus dibersihkan secara berkala.

Berikut cara yang bisa kalian lakukan:

1. Membuka Cover Printer

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka bagian cover printer. Umumnya pada beberapa brand printer mempunyai bagian yang cukup mudah untuk dibuka. Di bagian ini pula akan terdapat cartridge yang otomatis berada di luar.

2. Lihat Bagian Pita Transparan (Encoder) di Sisi Depan Catridge

Jika bagian pita tertutup oleh cartridge, maka coba lepas terlebih dulu untuk mempermudah pandangan kalian. Akan tetapi ada juga beberapa tipe printer yang menggunakan pita dengan cukup gelap atau transparan.

3. Periksa Bagian Encoder yang Kotor

Cobalah memeriksa semua bagian pita encoder dan jika ada kotoran. Sebab biasanya pita ini sering terkena cipratan dari tinta hasil printing, bahkan bisa jadi tinta yang menempel akibat kebocoran cartridge cukup banyak.

4. Bersihkan Seluruh Bagian yang Kotor

Apabila saat kalian memeriksa pita tadi terdapat kotoran, maka silahkan lakukan pembersihan secara menyeluruh dengan tisu basah atau kapas diberi alkohol. Pastikan dengan benar-benar hingga tidak ada tinta yang menempel pada pita encoder.

5. Tutup Kembali Bagian Printer

Sesudah kalian membersihkan secara menyeluruh, maka tutup kembali bagian cover printer dan kembalikan semua seperti semula. Tunggulah beberapa saat untuk membuat pita menjadi kering dari cairan pembersih.

6. Tes Hasil Printing

Jika semua sudah selesai dan printer ready, cobalah melakukan test print untuk melihat hasil ketika sudah dibersihkan. Biasanya hasil cetakan printer untuk tabel akan sudah bisa lurus kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Error (Paling Lengkap)

#2. Cara Mengatasi Cetakan Tidak Lurus dengan Software Driver Bawaan

Selain cara mengatasi cetakan printer tidak lurus menggunakan di atas, ada satu lagi yang bisa dilakukan yakni dengan software driver. Metode ini pun tidak kalah mudah dicoba seperti sebelumnya, malah tidak perlu bongkar pasang printer.

Berikut cara mengatasi cetakan tidak lurus tabel pada printer:

1. Sambungkan Printer dengan PC atau Laptop

Pastikan terlebih dulu bahwa printer dengan komputer atau laptop yang kalian gunakan sudah terhubung. Apabila belum terhubung, maka hubungkan terlebih dulu keduanya.

2. Buka Akses Software Printer

Kemudian buka Control Panel, lalu pilih Akses Software Printer. Disini kalian harus memilih tipe printer yang sesuai dengan yang digunakan serta tersambung dengan komputer atau laptop.

3. Buka Printing Preferences

Lanjutkan dengan Klik Kanan di bagian printer lalu pilih menu Printing Preferences, biasanya akan muncul menu tambahan di bagian pop-up.

4. Pilih Tab Maintenance

Dibagian setelah Printing Preferences, kalian harus memilih Tab Maintenance dan masukan kertas berukuran A4 di bagian printer. Lanjutkan dengan menekan tombol Print Head Alignment.

5. Cetak Hasil Nilai Print Head Alignment

Printer yang kalian gunakan akan secara otomatis mencetak hasil Print Head Alignment.

6. Masukan Hasil Cetak yang Paling Bagus

Pada hasil cetakan terdapat pilihan angka dan contoh garis, maka kalian harus memilih angka terbaik. Jika kalian sudah memilih angka terbaik, lanjutkan dengan memasukan angka tersebut pada kolom yang sudah disediakan.

Baca Juga: Cara Test Printer (Semua Brand & Tipe)

Cara Merawat Pita Encoder Printer

Gambar cara mengatasi cetakan printer garis tidak lurus

Tidak begitu sulit kan 2 cara mengatasi error cetakan tidak lurus yang saya berikan diatas? Namun pastinya kalian tidak mau printer mengalami error tersebut, maka dari itu kalian harus bisa melakukan perawatan pada pita encoder.

Perawatan pita encoder sebenarnya cukup mudah kok, kalian hanya perlu mengeceknya setia sebulan sekali secara rutin. Apabila pita encoder terlihat kotor, maka kalian harus segera melakukan pembersihan.

Note!

Apabila kalian sudah melakukan pembersihan pada pita encoder namun hasil cetakan tetap tidak lurus, bisa jadi terdapat kerusakan pada pita. Tentunya untuk mengatasi masalah pita encoder jika sudah seperti ini hanyalah dengan cara menggantinya saja.

Jika ditempat kalian tidak ada yang menjual secara offline, kalian juga bisa membelinya secara online kok. Bahkan jika tidak ingin terlalu repot, bisa juga langsung membawa printer yang bermasalah tadi ke tukang teknisi printer, pasti hanya perlu bayar saja.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Pending (Penyebab & Solusi)

Bagaimana, apakah masih kurang jelas informasi yang saya berikan diatas tantang cara mengatasi printer ketika hasil cetakan tidak lurus? Intinya jika printer yang kalian miliki ingin awet dan tidak mengalami error, maka sering-sering melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala dengan baik.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan untuk kalian semoga sudah sangat jelas serta bisa membantu ya, silahkan dicoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.