Gambar cara mengisi tinta printer lengkap
Printer

Cara Mengisi Tinta Printer

Kebingungan dengan tinta mesin printer kalian yang kehabisan dan minta diisi ulang, tapi belum tau caranya? Tenang saja, sebab sebenarnya cara mengisi tinta printer itu tidak terlalu sulit, hanya saja perlu ketelitian ketika mengisinya.

Melakukan pengisian ulang tinta printer biasanya dilakukan ketika hasil cetak dokumen dari printer terlihat tidak berwarna. Misalnya, warna selain hitam hilang atau hanya terlihat namun tidak begitu jelas.

Apabila printer kalian mengalami kehabisan tinta, tidak perlu dibawa atau memanggil teknisi. Kalian bisa melakukan isi ulang tinta sendiri dengan mempelajari cara mengisi tinta printer canon, epson, hp dan brother yang saya berikan di artikel kali ini.

Pada dasarnya langkah mengisi tinta semua merek printer tersebut sama saja. Hanya saja ada sedikit perbedaan di beberapa langkahnya dan itupun tidak terlalu sulit kok.

Nah, kalau begitu langsung saja pelajari cara dari iplanchallenge.com dibawah ini.

Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Gambar cara mengisi ulang tinta printer canon

Sebenarnya apakah benar tinta yang diganti? Nah, sebenarnya yang diganti bukan tinta sih, tapi lebih ke cartridge. Namun sehubungan dengan harga cartridge yang tergolong tidak murah atau bisa dikatakan mahal, maka solusinya bisa dengan mengisi ulang tinta printer.

Faktanya masih banyak orang yang belum tahu cara mengisi tinta dengan benar supaya lebih awet untuk printer. Maka dari itu, kalian harus mempelajari bagaimana cara mengisi tinta printer yang benar.

Disini saya akan memberikan contoh cara mengisi tinta printer canon iP2770 sebagai bahannya. Sebab pada dasarnya semua cara mengisi tinta printer canon meskipun berbeda tipe kurang lebih sama

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan langkah-langkah pengisian tinta canon iP2770 dibawah ini

  1. Siapkan terlebih dahulu printer canon iP2770 yang akan diisi tinta (pastikan printer tidak mengalami kerusakan lain).
  2. Colokan kabel AC printer ke sumber listrik rumah kalian.
  3. Bukalah penutup kertas.
  4. Nyalakan printer dengan cara pencet tombol power, sehingga lampu indikator hidup.
  5. Buka kap bagian penutup printer. (Biarkan cartridge bergerak secara otomatis hingga di posisi tengah).
  6. Bukalah kap tinta bagian B (tinta black atau hitam) dengan cara menekan bagian belakang lalu tarik ke atas.
  7. Angkat dan ambilah cartridge B secara perlahan.
  8. Buka kertas penutup lubang pada bagian atas cartridge (apabila cartridge baru pertama kali disuntik, maka harus dilubangi dengan jarum terlebih dulu).
  9. Siapkan tinta black atau hitam yang terdapat pada botol plastik.
  10. Saat lubang sudah dibuat dan bisa dimasuki jarum, mulai suntikan tinta pada lubang tersebut secara perlahan. Usahakan tidak usah terlalu banyak, cukup 2-3 ml saja supaya tinta tidak meluber dan merusak cartridge.
  11. Kemudian jika sudah selesai dan dirasa cukup, maka tutup kembali dengan kertas dan letakkan kembali cartridge pada tempatnya.
  12. Tutup kembali kap cartridge.
  13. Tutup juga casing printer.
  14. Proses selesai.

Note!

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa cara tersebut bisa digunakan pada semua tipe printer canon dan terbukti aman dan berhasil. Diantara tipe printer canon yang bisa diaplikasikan menggunakan cara mengisi tinta printer diatas adalah:

  • Printer canon e410.
  • Tinta printer canon ip2870.
  • Printer canon mp280.
  • Printer canon mx497.
  • Tinta printer canon mp287 infus.

Baca Juga: Cara Reset Printer Canon Mp237

Cara Mengisi Tinta Printer Epson

Gambar langkah melakukan isi ulang tinta printer epson

Sebenarnya jika ingin melakukan pengisian tinta pada printer epson juga tidak jauh berbeda dengan cara yang telah saya berikan diatas. Hanya saja ada beberapa langkah yang sedikit membedakannya.

Disini saya akan memberikan tutorial cara mengisi tinta printer epson series L, seperti epson l360, epson l120, epson l310, epson l100, epson l6190, epson l300, epson l310. Disini saya akan menggunakan contoh printer epson seri L360 ya, tapi cara untuk semuanya hampir sama kok.

Berikut langkah-langkah cara mengisi tinta printer epson L series yang benar:

  1. Pastikan terlebih dahu printer epson L360 kalian dalam keadaan mati, agar proses pengisian bisa berjalan lancar.
  2. Silahkan buka penutup tank printer, agar tank bisa diturunkan ke bawah.
  3. Kemudian silahkan turunkan tank ke bawah supaya lebih memudahkan kalian ketika ingin mengisi tinta.
  4. Siapkan tinta yang akan kalian gunakan untuk mengisi ulang.
  5. Buka penutup karet yang terdapat pada lubang tersebut.
  6. Apabila sudah, silahkan tuangkan isi tinta tersebut pada lubang warna yang kalian inginkan dan pastikan jangan terlalu penuh. (Saya sarankan menggunakan suntikan supaya lebih mudah mengisinya).
  7. Kemudian tutup kembali karet lubang tersebut supaya tidak tumpah.
  8. Silahkan kalian pasang lagi tank tinta pada printer.
  9. Tutup kembali cover penutup dari printer.
  10. Silahkan nyalakan kembali (proses selesai) dan printer siap digunakan.

Note!

Untuk membedakan cartridge warna dan black atau hitam saja, silahkan perhatikan tanda yang terdapat pada cartridge tersebut.

Cara Mengisi Tinta Printer HP

Gambar langkah pengisian ulang tinta

Ketika kalian ingin mengisi tinta pada printer pabrikan dari HP, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan printer canon. Sebab keduanya menggunakan cartridge sebagai tampungan untuk tinta dan mengisi dengan suntikan.

Nah, sebagai contohnya, disini saya akan memberikan tutorial cara mengisi tinta printer HP tipe 2135. Berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan.

  • Nyalakan Printer

Tekanlah tombol power printer untuk mulai menyalakan printer (tujuannya untuk menggeser posisi cartridge supaya ke tengah).

  • Buka Penutup Printer Untuk Melihat Posisi Cartridge

Jika posisi cartridge sudah di tengah, maka lepaskan penutup printer.

  • Lepaskan Cartridge Printer HP

Lakukan tahap ini dengan sangat hati-hati, supaya cartridge tidak rusak. Kalian bisa melakukannya dengan cara menekan cartridge kebawah untuk melepaskan dari dudukannya.

  • Cari Lubang Tinta

Untuk jenis printer HP ini kalian tidak perlu membuat lubang untuk menyuntikan tinta ke dalam cartridge. Sudah terdapat tiga lubang pada cartridge warna hitam dan satunya (kalian hanya perlu mencari lubang yang disediakan).

  • Suntikan Tinta

Pilihlah lubang yang tepat untuk mengisi cartridge merah, biru, dan kuning dan lakukan dengan pelan-pelan. Usahakan jangan mengisi tinta sampai penuh, cukup 3-4 ml sebab tinta mudah bocor jika diisi terlalu penuh.

  • Cek Tinta Printer

Cobalah melakukan pengecekan pada cartridge, apakah tinta sudah bisa keluar atau belum menggunakan alat bantu yang sudah disediakan.Karet yang panjang untuk cartridge yang berwarna hitam, sedangkan karet yang pendek untuk cartridge tinta warna.

  • Pasang Kembali Cartridge Seperti Asal

Pasang kembali cartridge yang sudah diisi ulang tinta ke posisi awal dan jangan lupa menutup cover printer seperti sebelumnya.

Note!

Cara yang saya berikan diatas bisa kalian coba juga pada merk printer HP lain seperti:

  1. Printer HP deskjet 1112.
  2. HP deskjet 1510.
  3. Tinta printer HP deskjet 1515.
  4. Printer HP deskjet 2000.
  5. HP deskjet 2336.

Baca Juga: Daftar Tipe Printer Terbaik

Cara Mengisi Tinta Printer Brother

Gambar isi ulang serbuk tinta brother

Pada dasarnya, langkah-langkah yang dilakukan dalam pengisian tinta printer brother juga tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Hanya saja ada sedikit langkah yang membedakan dalam pengisian tinta printer brother, sebab printer brother tidak menggunakan tinta cair, namun menggunakan tinta refil.

Tinta refil sendiri merupakan jenis tinta serbuk halus yang hanya mempunyai satu warna saja, yakni hitam.

Nah, kebetulan disini saya akan memberikan tutorial cara mengisi tinta printer brother DCP – L2540DW. Berikut langkah-langkah dalam pengisian tinta printer brother dan bahan yang diperlukan:

  1. Bahan yang Dibutuhkan
  • Obeng.
  • Kertas untuk alat supaya serbuk yang tumpah tidak berserakan.
  • Buat kerucut dari kertas atau bahan lain untuk memudahkan dalam pemasukan serbuk.
  • Siapkan serbuk yang akan diisikan.
  1. Cara Mengisi Tinta Serbuk Printer Brother DCP – L2540DW
  • Buka penutup depan printer brother dcp-l2540dw dan tarik penguncinya.
  • Hati-hatilah dalam proses melepas.
  • Apabila sudah berhasil dilepas dari badan printer,maka pisahkan tabung serbuk dari cartridge.
  • Tarik bagian pengait secara hati-hati serta usahakan jangan sampai menyentuh ujung yang ada lingkaran hitam serbuk dan pegang sisi pengait.
  • Pegang tabung dengan posisi yang ada bautnya di bagian atas. Kemudian lepaskan dua baut (tengah dan kiri) dengan obeng yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Perhatikan susunannya supaya mudah ketika mengembalikan, sebab kalian akan melepaskan roler penggerak juga.
  • Lepaskan semua roler tersebut.
  • Lepas juga penutup tabung, maka disini tabung sudah siap diisi tinta serbuk yang sudah disiapkan.
  • Pasang kembali dan proses isi ulang selesai.

Note!

Untuk cara mengisi tinta printer brother yang masih menggunakan cartridge atau tank, maka caranya kurang lebih sama seperti pada printer epson atau HP yang sistem cartridge.

Baca Juga: Penyebab Printer Tidak Merespon Perintah Print

Bagaimana, apakah masing kurang jelas tentang cara mengisi tinta printer canon, epson, hp dan brother yang saya berikan diatas. Semoga bisa membantu dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.