Gambar cara reset printer epson l210
Printer

Cara Reset Epson L210

Tidak sedikit orang yang membutuhkan software resetter epson adjustment program beserta cara reset printer epson L210, L110, L300, L350, L355. Sebab pada dasarnya software ini sangat berguna sekali jika suatu saat printer mengalami blinking.

Sangat penting sekali mempelajari cara reset printer sekarang ini, sebab akan memudahkan dan menghemat pengeluaran kalian. Misalnya saja ketika printer epson L210 kalian error seperti paper jam, ink level, dan kode error lainnya.

Paper jam merupakan salah satu error pada printer, yakni adanya kertas yang tidak mau keluar karena tersangkut.

Dengan kalian mengetahui bagaimana cara reset printer epson L210 dan tipe lainnya tidak perlu membawa ke tukang teknisi. Jadi akan lebih hemat biaya dan waktu, sebab bisa langsung di atasi serta digunakan kembali.

Lantas bisa tidak ya melakukan reset printer epson L210 dengan cara manual? Pastinya bisa kok, langsung aja deh simak artikel dibawah ini!

Periksa Penyebab Error Epson L210

Penyebab error pada printer epson l210

Sebelum kalian melakukan reset printer, alangkah baiknya mencari penyebabnya terlebih dulu. Fungsinya adalah agar kalian bisa melakukan penanganan reset yang tepat dari masalah tersebut.

Kalian tidak perlu langsung membawa ke teknisi printer jika masalah error masih ringan. Sebab jika masalah ringan terjadi pada printer tersebut, hanya dengan reset saja sudah akan kembali berfungsi normal.

Biasanya error yang terjadi pada printer diantaranya:

  1. Cartridge, coba pastikan cartridge terpasang dalam kondisi benar dan bersihkan kotoran atau debu yang menempel pada cartridge.
  2. Tabung Tinta, coba periksa bagian tabung tinta dan apabila habis silahkan isi ulang.
  3. Kabel, periksa kabel yang menjadi penghubung antara printer dan PC atau komputer.
  4. Roller, pastikan tidak ada kertas yang terjepit  (paper jam) di dalam roller.

Selain penyebab di atas, ada lagi error pada printer yang berupa pesan seperti:

  • Printer tidak bisa mengeluarkan tinta ketika mencetak dokumen.
  • Mesin printer menarik kertas lebih dari satu lembar.
  • Blinking error.

Jika empat error diatas sudah kalian coba atasi namun masih sama saja, artinya printer perlu direset secara total. Semua masalah diatas akan bisa dilihat dari lampu indikator yang berkedip secara terus menerus atau yang sering disebut blinking.

Jika mengalami kondisi seperti ini, ada dua cara yang bisa kalian lakukan, yakni cara reset printer epson L210 secara manual dan dengan aplikasi (software).

Baca Juga: Rekomendasi Printer Terbaik

Cara Reset Printer Epson L210 Secara Manual

Reset epson l210 secara manual

Jika cara diatas tidak berhasil mengatasi, maka kalian perlu melakukan riset secara manual? Kenapa ya kira-kira harus di reset, yakni berfungsi untuk mengembalikan pengaturan ke posisi semula serta membersihkan semua data-data yang tersimpan di Counter IC (EEPROM).

Langkah reset manual mengatasi lampu indikator epson berkedip terus cukup mudah kok, tentunya mudah kalian pahami. Namun cara ini bukan hanya bisa digunakan untuk epson L210 saja, bisa juga digunakan untuk tipe epson lain seperti epson L110, L300, L350, L355.

Berikut langkah-langkah cara reset printer epson L210 secara manual:

  1. Cabut kabel power printer epson L210 kurang lebih 3-5 menit.
  2. Hidupkan kembali dan tunggu hingga printer menyala secara sempurna.
  3. Kemudian tekan tombol power dan tahan tombol resume (logo tinta), tahan kurang lebih 5 detik lalu lepaskan.
  4. Lalu tahan lagi dua tombol tersebut selama 3 detik lalu lepaskan lagi.
  5. Sesudah itu, printer akan dengan sendirinya dan tunggu hingga selesai.
  6. Jika berhasil, maka lampu indikator tidak akan berkedip dan printer sudah siap digunakan kembali.

Nah, jika cara ini masih gagal kalian coba untuk mengatasi error pada printer, maka cara selanjutnya adalah reset menggunakan resetter atau software. Kalian akan dipermudah dengan adanya aplikasi resetter printer tersebut dan bisa sangat membantu sekali.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen di Printer HP

Cara Reset Printer Epson L210 Dengan Software

Jika sudah melakukan reset epson l210 secara manual di atas, namun masih saja tidak bisa mengatasi printer. Maka solusinya adalah dengan melakukan reset epson dengan bantuan aplikasi.

Kalian harus menyiapkan bahan berupa software resetter epson l210 terlebih dulu. Apabila kalian tidak memilikinya, silahkan klik saja link download resetter epson disini.

Jika sudah kalian download, silahkan ekstrak kemudian instal pada komputer atau laptop yang digunakan. Apabila semua file terinstal, maka hanya perlu melakukan resetter saja.

Berikut langkah-langkah cara reset printer epson l210 dengan software (aplikasi):

  • Buka aplikasi resetter adjustment program epson dengan cara klik 2 kali pada ikon Adjprog.exe.
  • Klik tombol Select, lalu pilih model printer di (Model Name) dan Port USB yang digunakan, namun saya sarankan untuk memilih (Auto Selection) saja. Jika sudah pilih OK.

Gambar langkah 1 proses dengan software

  • Kemudian klik (Particular Adjustment Mode), lalu pilih (Waste ink pad counter) dan pilih OK.

Gambar langkah 2 proses dengan software

  • Pada menu selanjutnya, centang di (Main pad counter), dan klik (Check). Saat di tahap ini, printer akan memberikan beberapa informasi penting tentang printer termasuk sudah berapa banyak melakukan cetak dokumen.

Gambar langkah 3 proses dengan software

  • Sesudah itu, centang lagi pada bagian (Main pad counter) dan lanjutkan dengan klik (Initialization). Tunggulah beberapa detik hingga proses selesai.

Gambar reset epson L210 dengan aplikasi

  • Ketika proses reset selesai, di tampilan layar komputer atau laptop kalian akan ada notifikasi (please turn on dan please turn off your printer). saat muncul notifikasi seperti ini silahkan matikan dan hidupkan kembali printer kalian.
  • Reset selesai, untuk memastikan apakah printer sudah kembali normal bisa kalian coba mencetak satu dokumen terlebih dulu.

Pada umumnya, jika printer sudah benar-benar tereset dengan baik, maka tidak akan ada lagi lampu indikator yang berkedip. Jika sudah seperti ini kalian bisa menggunakan mesin printers seperti biasanya.

Baca Juga: Daftar Kode Error Printer Canon

Kesimpulan

Nah, jika dilihat dari semua penjelasan yang saya berikan diatas, maka bisa diambil kesimpulan berupa:

  1. Printer epson l210 jika error akan ditandai dengan lampu indikator yang berkedip secara terus menerus.
  2. Biasanya printer error disebabkan dari cartridge, roller, kabel dan tabung tinta.
  3. Kelebihan batas cetak akan mengakibatkan printer error dan minta untuk di reset ulang.
  4. Reset printer bisa dilakukan dengan cara manual dan bantuan software atau aplikasi.
  5. Software resetter epson bernama resetter adjustment program epson.
  6. Software resetter bisa digunakan pada printer epson tipe L210, L110, L300, L350, L355.
  7. Reset manual bisa dilakukan langsung dari printer yakni tombol power dan resume.

Bagaimana, cukup mudah kan melakukan cara reset printer epson l210 diatas? Kalian bisa menggunakan dua cara yang sudah saya berikan diatas, yakni manual dan dengan aplikasi serta tidak perlu membawanya ke teknisi jika mengalami error suatu saat lagi.

Namun saran saya, supaya printer yang kalian miliki lebih awet adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Pastikan juga letak printer dan kertas yang digunakan bersih dari debu atau kotoran lain yang bisa merusak komponen di dalam printer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.