Gambar cara scan di printer HP semua tipe
Printer

Cara Scan di Printer HP

Faktanya, sekarang ini masih banyak sekali orang yang tidak tau bagaimana cara scan di printer hp yang benar. Padahal melakukan scan printer HP sangat mudah sekali tidak begitu ribet untuk dilakukan.

Maka dari itu, sangat penting untuk kalian yang memiliki printer baru jenis HP atau pemilik percetakan untuk bisa melakukan scan dokumen. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat ini perkembangan teknologi sudah sangat canggih.

Salah satunya adalah bisa menjadikan file dari bentuk fisik menjadi bentuk digital, begitupun sebaliknya. Pastinya tidak mau dong kalian kalau ketinggalan kemajuan zaman seperti sekarang ini.

Penasaran ya? Yuk simak saja cara scan di printer HP yang baik dan benar dibawah ini!

Cara Scan di Printer HP INK Tank 315

Gambar scan printer INK Tank

Salah satu jenis printer hp yang paling sering dipakai adalah seri Ink Tank 315. Karena printer ini mempunyai kemampuan cetak dokumen yang sangat baik.

Dilihat dari segi kualitas warna yang dihasilkan juga sangat cerah, bahkan banyak yang mengatakan bahwa printer ini bisa bertahan cukup lama. Faktor inilah yang akhirnya membuat banyak orang menggunakan jenis printer ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara scan di printer HP INK Tank 315:

  1. Hidupkan komputer atau laptop dan printer yang akan digunakan.
  2. Saat kedua perangkat tersebut hidup, maka sambungkan printer dengan laptop menggunakan kabel USB yang di sediakan.
  3. Buka software printer HP yang sudah terinstal di komputer atau laptop.
  4. Ketika aplikasi sudah terbuka, lanjutkan dengan menyiapkan dokumen yang akan di scan.
  5. Masukkan dokumen ke printer HP dan tutup. Pastikan juga ukuran dokumen A4 atau dibawahnya, sebab jika ukuran kertas terlalu besar nanti semua dokumen tidak bisa tercetak.
  6. Kemudian buka software scan printer HP di laptop atau komputer kalian, lakukan pengaturan seperti ukuran, format file, warna dan lainnya.
  7. Langkah terakhir adalah klik scan pada software tersebut, maka proses scan secara otomatis akan mulai.

Baca Juga: Rekomendasi Printer Terbaik

Cara Scan di Printer HP Deskjet 1050

Scan dokumen di printer hp

Selain printer HP INK Tank 315, ada juga jenis printer pabrikan dari HP yang banyak digunakan orang, yakni HP Deskjet 1050. Printer ini juga memiliki banyak kelemahan, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Printer HP Deskjet 1050 ini mempunyai fitur scan yang sangat membantu dan memudahkan berbagai keperluan. Berikut ini langkah-langkah cara scan di printer HP Deskjet 1050:

  1. Pastikan aplikasi atau software printer HP Deskjet 1050 sudah terinstal komputer atau laptop. Apabila belum, silahkan instal terlebih dulu.
  2. Hidupkan printer deskjet kalian, kemudian sambungkan ke laptop atau komputer kalian menggunakan USB.
  3. Sesudah terhubung, maka buka aplikasi atau software HP deskjet kalian. Nantinya akan muncul jendela yang memperlihatkan jenis dokumen yang akan kalian scan, dari mulai photo to file, photo to email, document to file, photo to TIF dan yang lainnya.
  4. Kemudian pilih ke dalam format apa dokumen tersebut kalian scan, dan lakukan juga pengaturan untuk size, resolusi, dan kualitas gambarnya.
  5. Sesudah pengaturan selesai, klik pada kotak “show scan preview” untuk menampilkan dokumen yang akan di scan.
  6. Ketika semua selesai diatur, maka lanjutkan dengan klik scan.
  7. Sesudah berhasil di scan, lakukan pengaturan kembali untuk kualitasnya.
  8. Langkah terakhir silahkan save dokumen tersebut pada komputer atau laptop kalian.

Cara Scan di Printer HP Deskjet 2130 & 2135

Gambar cara scan di printer hp

Selain printer HP INK Tank 315 dan Deskjet 2130, disini saya juga memberikan scan di printer HP deskjet 2130 dan 2135. Berikut langkah-langkah cara mudah scan di printer HP Deskjet 2130 dan 2135:

  • Hidupkan printer dan komputer atau laptop serta sambungkan dengan kabel USB.
  • Ketika sudah terhubung, buka software HP scan dengan pilih menu Start > All Program > HP > HP Deskjet 2135 Series > HP Scan.
  • Disini kalian bisa melakukan scan langsung atau melakukan pengaturan terlebih dulu dengan memasuki tab seperti berikut:
  1. Pindai Pintasan : Klik pindai pintasan, misalnya simpan sebagai PDF atau Email sebagai JPEG .
  2. Perlihatkan kotak centang Show Viewer After Scan : Klik kotak centang tampilkan penampil sesudah memindai .
  3. Opsi sumber : Klik pengumpan dokumen kaca pemindai, sebab hanya ada pilihan flatbed.
  4. Pengaturan pemindai : Pastikan juga pengaturan lain misalnya ukuran halaman dan mode warna sudah benar untuk pekerjaan pemindaian kalian.
  5. Lebih : Klik lainnya untuk melakukan pengaturan lanjutan, seperti resolusi (ppi), orientasi, tujuan, dan nama File.
  • Sesudah semua selesai, langsung taruh dokumen yang mau kalian scan di printer, ingat ukuran maksimal kertas adalah A4 ya.
  • Pada layar komputer atau laptop kalian, akan muncul jendela yang berisi pilihan-pilihan scan yang harus kalian pilih, misalnya ukuran, jenis file dari hasil scan, warna hasil scan yang diinginkan (setingan lagi).
  • Apabila sudah kalian tentukan pilihan, klik Scan dan tunggu hingga proses scan selesai.
  • Ketika proses scan selesai, jangan lupa klik Save untuk menyimpan hasil scan kalian.

Baca Juga: Cara Menginstal Printer Ke Laptop dan Komputer

Cara Membuat Hasil Scan Lebih Bagus dan Bersih

Gambar tips hasil scan bagus

Pada dasarnya, semua jenis printer hp memiliki cara scan yang sama dan tidak banyak bedanya. Mungkin ada perbedaan jika printer hp kalian adalah tipe keluaran terbaru yang tentunya menerapkan teknologi yang lebih canggih.

Untuk bisa menghasilkan scan yang bagus dan berkualitas, jenis printer memang berpengaruh. Namun ada hal yang tidak kalah penting, yakni ketika kalian melakukan pengaturan scan dokumen.

Apabila kalian melakukan pengaturan dengan baik dan benar, maka hasil yang akan didapat juga lebih bagus. Berikut ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengatur scan dokumen di printer supaya hasilnya lebih baik:

  1. Pastikan printer yang kalian gunakan tidak ada debu dan kotoran, serta pada dokumen yang akan di scan juga pastikan bersih. Apabila mungkin ada kotoran rambut atau apa yang ikut masuk saat scan dilakukan, hal ini akan membuat hasil scan tidak baik.
  2. Pastikan juga ukuran dokumen sama dengan ukuran kertas yang digunakan (sebaiknya ambil dokumen yang dapat masuk ke kaca printer tersebut).
  3. Supaya hasil scan dokumen bisa diperbesar dan tidak pecah, sebaiknya kalian ubah resolusi setinggi mungkin. Dokumen yang ukurannya kecil bisa diperbesar dengan baik apabila resolusinya dibuat maksimal.

Baca Juga: Cara Reset Printer Epson L210

Bagaimana, cukup mudah kan melakukan cara scan di printer HP dan langkah untuk mendapatkan hasil cetak yang maksimal? Semua cara yang saya berikan bisa digunakan pada tipe-tipe printer HP saat ini dan untuk yang tipe terbaru hanya ada sedikit perbedaan langkahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.