Gambar posisi warna cartridge canon
Printer

Posisi Warna Cartridge Canon

Melakukan isi ulang tinta memang menjadi kewajiban yang harus dijalankan oleh pemilik printer ketika sudah habis, namun masih banyak yang tidak tahu posisi warna cartridge canon. Faktanya, dengan mengisi ulang tinta cartridge akan lebih efektif dan menghemat biaya dari pada harus membeli cartridge baru.

Mengingat harga cartridge baru yang cukup mahal tentunya akan membuat orang berpikir dua kali jika ingin membeli baru. Maka solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan isi ulang tinta untuk lebih menghemat dan bisa dilakukan sendiri.

Namun sebelum melakukan isi ulang tinta cartridge, kalian harus memahami dulu seperti jenis tinta dan posisi warna cartridge, khususnya printer canon. Karena jika sudah mengetahui dua hal tersebut, akan sangat memudahkan kalian ketika melakukan isi ulang.

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Jenis-Jenis Tinta Warna Canon

Gambar jenis tinta warna canon

Pada dasarnya, banyak sekali jenis warna tinta di dalam sebuah printer, dimana setiap jenis memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya jika kalian mengetahui jenis-jenis tinta sebelum menggantinya.

Berikut ini 4 daftar jenis tinta warna canon yang setiap masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan:

1. Tinta Pigment Canon

Tinta pigment canon adalah jenis tinta yang paling sering digunakan dengan cara kerja menempelkan warna di atas objek kertas. Selain itu, tinta ini memiliki sifat tidak akan meresap ke dalam kertas, namun hanya menempel saja dan akan lebih menghemat serta bisa tahan lama.

Letak tinta warna canon ini berada di dalam cartridge dan cara mengisinya bisa menggunakan suntikan atau menuangkannya. Perlu diketahui juga bahwa tinta pigment canon bukan berupa warna saja, namun ada warna hitamnya.

Biasanya untuk tinta warna hitam ini akan digunakan untuk mencetak dokumen atau objek yang hitam putih.

2. Tinta Dye Base

Jenis tinta warna canon yang selanjutnya adalah dye base atau yang sering disebut dengan tinta cair, akan sangat mudah meresap ke kertas objek. Biasanya tinta jenis ini lebih banyak digunakan ke media yang lebih tebal, misalnya HVS, kulit, canvas, banner dan lain sebagainya.

Tinta dye base cenderung mempunyai warna yang lebih terang, sehingga sangat cocok jika digunakan printing di berbagai media cetak. Khususnya proses printing yang memerlukan detail lebih tinggi dan warna lebih terang, maka sangat cocok menggunakan tinta jenis ini.

3. Tinta Sublimation Ink

Jenis tinta satu ini adalah tinta yang bisa digunakan pada media selain kertas, seperti keramik, kain, mug, dan lain-lain. Berbeda dengan jenis tinta sebelumnya yang memiliki sifat atau berbahan cair, untuk tinta satu ini berbahan dari minyak.

Oleh karena itu, bisa diaplikasikan pada media selain kertas yang tidak bisa menyerap zat cair. Bukan hanya itu saja, untuk posisi warna cartridge canon satu ini berbeda dengan yang lain, sebab berada di bagian luar printer.

Fungsinya adalah agar pengguna bisa melihat kapasitasnya, sebab tidak boleh sampai kehabisan.

4. Tinta Solvent

Jenis tinta printer canon yang terakhir ini lebih dikhususkan pada media outdoor, seperti billboard, spanduk, neon box, dan lain-lain. Sebab sifatnya yang tahan air dan cuaca ekstrim akan membuat minim kemungkinan hasil cetakan mengalami degradasi warna.

Posisi Warna Cartridge Canon

Gambar Posisi Warna Cartridge Canon

Sebelum melakukan isi ulang tinta printer canon kalian, maka harus mengetahui terlebih dahulu posisinya. Karena jika terjadi kesalahan dalam pengisian ulang tinta, maka akan mengakibatkan cartridge tersebut rusak.

Berikut 3 posisi warna cartridge canon yang harus diketahui:

1. Tinta Warna Merah

Tinta warna merah atau yang biasa disebut dengan magenta, biasanya digunakan untuk pencampuran warna dasar seperti coklat dan orange. Posisi warna cartridge canon merah atau magetan ini berada di bagian tengah atas, lebih tepatnya di tengah atas warna biru dan kuning.

2. Tinta Warna Biru

Warna kedua adalah biru yang biasa disebut dengan cyan, yang di dalam posisis warna canon berada di kiri dari cartridge. Lebih tepatnya berada di sebelah kiri warna kuning dan sebelah kiri bawah warna merah.

Biasanya warna biru digunakan untuk menyeimbangkan proses pencampuran pewarnaan, sebab mempunyai tone warna yang lebih gelap. Bahkan warna biru juga diperlukan sebagai dasar pembuatan warna primer lainnya yaitu hijau, coklat, dan juga warna ungu.

3. Tinta Warna Kuning

Tinta terakhir adalah warna kuning yang biasanya digunakan sebagai pencampuran warna yang cerah, khususnya pembuatan warna muda atau warna sekunder. Sedangkan kuning pada posisi warna cartridge canon berada di bagian kiri dari cartridge.

Lebih tepatnya bisa dikatakan berada di kanan warna biru dan kanan bawah warna merah.

Cara Mengisi Tinta Warna Cartridge Canon

Gambar cara mengisi ulang tinta warna canon

Apabila kalian sudah mengetahui secara detail posisi warna cartridge canon, maka lanjutkan jika ingin melakukan isi ulang. Untuk kalian yang baru pertama kali ingin melakukan isi ulang tinta cartridge, coba pelajari langkah-langkah dibawah ini:

1. Alat dan Bahan yang Diperlukan Untuk Isi Ulang Tinta

Sudah tidak heran lagi, salah satu keunggulan dari printer canon adalah bisa dilakukan isi ulang cartridge. Maka kalian tidak perlu membeli cartridge baru jika habis, hanya perlu menyiapkan bahan saja untuk menggantinya.

Berikut alat dan bahan yang harus disiapkan:

  • Tinta printer khusus canon.
  • Tisu basah dan kering.
  • Alat suntikan.

Fungsi dari suntikan adalah untuk memasukan tinta dengan media ini ke dalam cartridge, sebab lubangnya sangat kecil. Jika alat dan bahan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan isi ulang. Bagaimana caranya? Coba simak dibawah ini.

2. Cara Mengisi Ulang Tinta Warna Canon

Langkah pertama yang harus kalian lakukan jika ingin isi ulang tinta adalah menyalakan mesin printer canon terlebih dulu. Karena printer harus keadaan menyala jika ingin melepas cartridge dari tempatnya.

Saat printer dalam kondisi standby, bukalah cover printer dan lepaskan cartridge tinta warna secara hati-hati. Jika pada cartridge masih belum terdapat lubang, kalian harus melubanginya terlebih dulu secara hati-hati.

Apabila sudah terlubangi, isikan tinta ke dalam suntikan dengan takaran 5-10 ml. Tutuplah bagian head cartridge dan suntikan tinta warna ke dalam lubang yang sudah dibuat.

Note!

Jangan sampai tinta tumpah apalagi bocor, posisikan jarum suntik sudah masuk ke dalam lubang sebelum di tekan.

Ulangi cara yang saya berikan diatas untuk mengisi tinta warna lainnya, dan pastikan tidak memasukan tinta hingga penuh. Jika sudah, bersihkan head cartridge menggunakan tisu dan pasang kembali ke posisi awal. Lalu tutup cover printer, maka printer akan siap digunakan kembali.

3. Tips Dalam Melakukan Isi Ulang Tinta Canon

Biasanya printer akan memberikan notifikasi jika tinta sudah mendekati habis. Sangat penting tidak membiarkan cartridge mengalami kehabisan tinta, karena akan berpotensi menjadi kering dan rusak.

Perhatikan juga takaran tinta ketika melakukan isi ulang, 10-20 ml setara dengan 5 sampai 8 tetes tinta. Namun jika kalian terlalu banyak mengisikan tinta, maka biarkan saja tinta keluar dengan sendirinya.

Satu hal yang cukup penting, jika kalian salah melakukan isi ulang warna tinta janganlah panik. Segera ambil beberapa lembar tisu dan bungkuslah cartridge hingga tinta keluar membasahinya.

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang bisa saya berikan untuk kalian tentang jenis tinta, posisi warna cartridge canon dan cara mengisi ulangnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian, silahkan mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.