Gambar cara mengatasi printer pending
Printer

Penyebab & Cara Mengatasi Printer Pending

Iplanchallenge.com – Ternyata masih banyak pemilik printer yang kebingungan ketika mengalami masalah printer pending, sebab tidak tau cara mengatasinya. Kondisi dimana printer yang kita gunakan tidak mau mencetak dokumen yang diinginkan atau bisa dikatakan tertunda.

Pastinya masalah ini menjadi hambatan yang cukup mengganggu bagi orang yang ingin cepat-cepat melakukan cetak dokumen. Apalagi jika dokumen yang akan dicetak berkaitan dengan berkas pekerjaan kita, sedikit rasa jengkel pasti ada.

Masalah ini juga sering terjadi di berbagai OS windows, misalnya saja seperti windows XP Vista, windows 7, windows 8, hingga windows 10.

Nah, jika kalian mengalami masalah seperti ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari penyebabnya barulah masuk tahap solusi. Biar kalian tidak bingung, yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Penyebab Printer Pending

Gambar penyebab printer pending

Penyebab yang menjadikan printer menjadi pending ketika akan digunakan untuk mencetak dokumen sebenarnya kebanyakan bukan dari komponen printer, melainkan dari sistemnya. Kalian tidak perlu khawatir dan merasa bingung jika mengalami masalah seperti ini, yang perlu dilakukan hanya mengikuti langkah yang saya berikan dengan benar.

Alasan saya memberikan saran seperti ini sangat sederhana, yakni kalian bisa melakukan sendiri sebab tergolong mudah untuk dikerjakan. Namun yang perlu diperhatikan adalah mengikuti langkah dengan benar ya.

Cara Mengatasi Printer Pending Supaya Normal Kembali

Pada dasarnya, semua masalah pada printer maupun lainnya bisa diselesaikan menggunakan berbagai cara. Namun dalam hal ini tentunya harus memilih cara yang terbaik supaya tidak semakin memperparah kerusakan tersebut.

Maka dari itu, disini saya sudah berikan beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah printer pending secara baik, antara lain:

#1. Restart Laptop Atau Komputer

Gambar Resrtart Laptop

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi printer pending adalah dengan melakukan restart pada komputer atau laptop kalian. Solusi ini tergolong umum digunakan dan tentunya aman, namun pastikan kalian melakukannya dengan benar.

Tujuan ketika melakukan cara ini adalah untuk menghentikan semua proses print yang sedang berjalan dan secara otomatis sistem akan di refresh kembali.

Ketika kalian sudah melakukan proses restart, maka coba gunakan printer kalian untuk mencetak dokumen kembali dan lihat hasilnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Error (Paling Ampuh)

#2. Cara Mengatasi Printer Pending Terus dengan Spooler

Print spooler merupakan sebuah perintah yang berguna untuk mengatur kerja printer pada sistem operasi windows. Biasanya perintah ini akan berjalan di latar belakang (background service).

Pasti kalian ada yang penasaran, kok bisa ya sistem print spooler digunakan untuk mengatasi printer pending? Alasannya cukup sederhana sih, sebab kita bisa menghentikan atau melakukan reset pada pesan printer pending.

Berikut cara mengatasi printer pending menggunakan print spooler:

  • Silahkan kalian buka terlebih dahulu program RUN (klik tombol Windows + R). Lanjutkan dengan mengetikkan service.msc dan pilih OK.

Gambar search service.msc

  • Apabila jendela service.msc sudah terbuka, lanjutkan geser ke bawah. Karena kalian akan menemukan menu Print Spooler dan klik Kanan lalu Stop.

Gambar Stop print spooler

  • Lanjutkan dengan melakukan minimize pada jendela Service > Buka Explorer > Kemudian pergi ke C:\Windows\System32\spoolPRINTERS.
  • Di dalamnya kalian akan menemukan file-file proses printer yang menjadikan printer pending. Kalian bisa menghapus semua file tersebut (aman untuk dilakukan).

Contoh File Sudah Bersih

Contoh gambar diatas filenya sudah bersih.

  • Sekarang kalian coba masuk kembali ke jendela service dengan menyalakan kembali Print Spooler dengan langkah Klik Kanan dan pilih Start.

Gambar Start Spooler

  • Jika semua sudah kalian lakukan, coba cek kembali printer kalian dengan melakukan cetak dokumen.

#3. Menghentikan Queue Printer

Gambar antrian printer pending

Arti print queue adalah antrian yang berguna untuk membuat antrian cetakan pada saat kalian ingin melakukan cetak dokumen lebih dari satu. Namun kekurangan dari queue ini adalah terjadi kemacetan, akibatnya printer tidak bisa melakukan proses printing secara urut.

Oleh karena itu, kalian bisa mencoba untuk mengatasi printer pending menggunakan cara menghentikan proses queue. Berikut langkah yang bisa kalian lakukan untuk menghentikan queue:

  1. Langkah Awal
  • Coba klik kanan pada icon printer kecil di taskbar kanan bawah.
  • Kemudian lakukan Cancel Queue Print dibagian ini.
  • Kalian juga bisa menghentikan proses queue melalui folder di Device and Printers.
  1. Langkah Akhir
  • Bukalah Command Prompt.
  • Kemudian ketik Net Stop Spooler lalu enter.
  • Ketikan lagi Net Start Spooler lalu enter.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cetakan Printer Garis Tidak Lurus (100% Berhasil)

4#. Coba Matikan Printer dan Nyalakan Lagi

Gambar Tombol Power Printer

Langkah terakhir yang bisa kalian coba untuk mengatasi printer pending adalah mematikan dan menyalakan kembali printer. Cara ini juga terbilang efektif dan sering berhasil mengatasi masalah printer yang pending.

Bahkan di dalam printer tipe tertentu, cara ini bisa digunakan untuk membatalkan perintah print queue yang membuat printer pending. 

Cara mematikan printer yang baik seperti berikut:

  1. Coba matikan printer kalian seperti biasanya.
  2. Lepaskan kabel USB penghubung antara printer ke komputer atau laptop.
  3. Pasang kembali (setelah dicabut beberapa detik).
  4. Kemudian coba nyalakan kembali printer kalian.

Bagaimana Solusi Jika Tidak Berhasil?

Gambar solusi jika gagal mengatasi printer pending

Pada dasarnya, empat solusi yang telah saya berikan diatas akan sudah sangat efektif untuk masalah printer pending. Terlebih lagi semua cara diatas sudah banyak dilakukan uji coba oleh para ahli dan sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Namun jika ketika kalian melakukan praktek dan mengalami kegagalan, maka saya sarankan untuk melakukan printe sementara pada printer lain.

Pasti kalian bertanya-tanya tentang alasannya kan? Alasannya sebenarnya sederhana sih, bisa jadi penyebab printer pending adalah dari komputer atau laptop yang kalian gunakan.

Jika memang seperti ini masalahnya, solusinya adalah dengan melakukan instal ulang sistemnya.

Note!

Cara yang saya berikan diatas bisa digunakan pada windows xp, vista, windows 7, windows 8 dan windows 10 dan di semua tipe printer.

Baca Juga: Mengatasi Tinta Printer Tidak Naik (Pastik Naik Lagi)

Mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang bisa saya berikan tentang penyebab dan cara mengatasi printer pending untuk kalian. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu serta mengatasi masalah kalian, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.