Gambar penyebab dan cara mengatasi tinta printer infus tidak naik
Printer

Tinta Printer Infus Tidak Naik

Iplanchallenge.com –  Tinta printer infus tidak naik atau tidak mau mengalir merupakan masalah yang lumrah dialami oleh printer infus, apalagi yang sudah dimodifikasi. Apabila masalah seperti ini sedang kalian alami, tenang saja deh gausah bingung, cukup ikuti langkah yang saya berikan.

Sebab tinta merupakan bagian terpenting di dalam printer, maka dari itu jika tinta tidak naik secara otomatis tidak bisa mencetak dokumen. Biasanya hasil cetakan ketika masalah ini terjadi akan terputus-putus, blank, bahkan tidak bisa keluar sama sekali.

Terlebih lagi jika masalah ini kalian biarkan secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada cartridge yang harganya cukup lumayan. Maka dari itu, kalian harus mencari penyebabnya terlebih dulu baru melakukan penanganan.

Disini saya sudah merangkum tentang masalah ini dan umumnya ada 5 penyebab dan ada 6 cara untuk mengatasi tinta printer infus tidak naik.

Yuk langsung saja simak penjelasan berikut!

5 Penyebab Tinta Printer Infus Tidak Naik

Gambar penyebab tinta printer tidak mengalir

Apabila kalian memiliki printer infus, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui permasalahan apa saya yang menyebabkan tinta printer infus tidak naik. Sebab Jika sudah mengetahui penyebabnya, akan sangat memudahkan kalian untuk melakukan penanganan.

Seperti yang telah sedikit saya singgung sebelumnya, bahwa pada umumnya ada 5 penyebab yang menjadikan tinta printer infus tidak naik. Berikut 5 penyebab tinta printer infus tidak naik:

#1. Cara Instalasi Selang Infus yang Bermasalah

Cara pemasangan atau instalasi infus printer yang salah bisa menjadikan tinta tidak bisa mengalir dengan lancar. Biasanya masalah instalasi sering terjadi pada sambungan selang menuju catridge ataupun tabung infus yang tidak rapat.

Pada umumnya di bagian ini akan dipasangkan semacam karet. Akan tetapi jika bagian ini terlepas akan menimbulkan kebocoran sehingga aliran tinta menjadi tidak lancar.

#2. Selang Infus Tersumbat Gumpalan Tinta

Tinta infus printer tidak naik bisa disebabkan oleh adanya gumpalan tinta yang sudah mengering. Masalah ini bisa saja terjadi sebab printer sudah lama tidak digunakan sehingga tinta jarang melewati selang.

Adanya gumpalan tinta pada selang infus juga bisa disebabkan karena telat mengisi tinta sehingga mengering. Umumnya selang tinta yang tersumbat gumpalan sulit untuk diatasi.

#3. Terdapat Kebocoran Selang Tinta

Masalah satu ini adalah penyebab yang cukup sulit untuk dilihat, yakni adanya kebocoran pada selang infus. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa ukuran selang infus relatif kecil, maka jika ada kebocoran akan sulit untuk mendeteksinya.

Namun bocornya selang infus biasanya ditandai dengan adanya gelembung-gelembung udara atau menetesnya tinta di sekitar selang. Inilah penyebab tinta tidak bisa mengalir secara lancar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Error (Paling Ampuh)

#4. Tabung Infus Tertutup Rapat

 Coba deh perhatikan tutup tabung printer infus kalian. Pada umumnya di bagian atasnya akan terdapat lubang yang disertai penutup karet berjumlah dua pasang, masing-masing warna.

Kedua lubang tersebut memiliki fungsinya tersendiri, Untuk lubang yang pertama memiliki fungsi untuk mengisi ulang tinta, sedangkan lubang kedua berfungsi terjadinya sirkulasi udara.

Apabila kedua lubang tersebut tertutup rapat, maka tinta tidak bisa mengalir melewati selang infus.

#5. Ada Udara Masuk ke Selang Infus

Penyebab terakhir tinta printer infus tidak naik atau mengalir adalah adanya udara yang masuk ke dalam selang infus. Sehingga akan menjadikan aliran tinta menjadi terputus-putus, bahkan tidak mau keluar.

Biasanya jika sudah terlalu parah, akan terlihat rongga udara yang panjang di dalam selang printer. Adapun faktor yang mempengaruhinya adalah adanya kebocoran, sambungan yang kurang tepat dan tinta dalam tabung sudah habis.

Nah, itulah penjelasan untuk 5 penyebab tinta printer infus tidak naik atau mengalir yang sudah saya ringkas secara keseluruhan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan memudahkan kita dalam melakukan penanganan yang lebih tepat.

6 Cara Mengatasi Tinta Printer Infus Tidak Naik

Gambar cara mengatasi tinta printer infus tidak mengalir

Setelah kalian memahami penyebab tinta printer infus tidak naik atau mengalir yang saya jelaskan diatas, maka sekarang masuk ke tahap pembenahan. Mengatasi masalah seperti ini masih tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Secara umumnya ada 6 cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah tinta printer infus tidak naik seperti berikut:

#1. Sedot Tinta Pada Selang Infus

Langkah pertama yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah tinta printer infus tidak naik adalah dengan menyedotnya menggunakan suntikan. Cara pertama ini tergolong paling mudah untuk dilakukan, namun ketika melakukannya harus secara hati-hati supaya tinta tidak tercecer.

Kalian hanya perlu menyiapkan suntikan yang jarum lancipnya sudah dipotong. Kemudian masukan dan tempelkan ujung jarum suntikan ke ujung selang yang mengarah ke cartridge lalu sedot secara perlahan.

#2. Memperbaiki Instalasi Selang Infus

Jangan lupa untuk mencoba mengecek instalasi selang infus kalian, terlebih lagi jika tinta tidak mengalir. Coba perhatikan bagian-bagian ujung selang yang menghubungkan cartridge ke lubang.

Jika kalian menemukan karet-karet yang longgar, maka coba rapatkan kembali. Bahkan bila memungkinkan kalian bisa mengganti karet-karet tersebut dengan yang baru untuk mencegah kebocoran.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Pending (Langsung Lancar)

#3. Ganti Baru Selang Infus

Cara ketiga ini bisa kalian lakukan untuk mengatasi tinta printer infus tidak naik atau mengalir atau sudah terjadi penyumbatan total. Melakukan penggantian selang infus dengan yang baru merupakan salah satu cara satu-satunya paling mudah dan cukup praktis.

Namun jika ingin membeli selang infus baru, maka pastikan selang infus lama sudah benar-benar tidak bisa digunakan atau tersumbat.

#4. Buka Penutup Selang Infus

Bagi kalian yang masih belum tahu bahwa penutup tabung juga memiliki pengaruh cukup besar dalam kelancaran aliran tinta. Jika tutup tabung printer infus tertutup rapat, maka akan membuat sirkulasi udara di dalam tabung akan terhambat dan menjadikan tinta tidak mau keluar.

Oleh karena itu, pastikan penutup tabung infus printer kalian selalu terbuka pada satu sisi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara. Ketika printer akan digunakan, maka usahakan selalu membuka empat penutup tabung tersebut.

#5. Lakukan Isi Tinta Sebelum Habis

Perkara sepele yang selalu dilupakan oleh pemilik printer adalah mengisi ulang tinta ketika sudah diambang habis, akibatnya tinta kehabisan. Biasanya tinta akan baru diisi ketika sudah kehabisan.

Saya peringatkan untuk tidak melakukan hal seperti ini ya, sebab akan menjadikan tinta menggumpal. Usahakan selalu mengisi ulang tabung dengan tinta sebelum mengalami habis total.

Note!

Sangat disarankan kalian mulai mengisinya ketika kira-kira jumlah tinta sudah seperempat tabung infus printer.

#6. Lakukan Deep Cleaning (Pembersihan Tingkat Dalam)

Langkah terakhir dan terbukti paling ampuh dalam mengatasi tinta printer infus tidak naik atau mengalir adalah melakukan deep cleaning.

Berikut cara melakukan deep cleaning pada semua jenis printer infus:

  • Nyalakan printer kalian terlebih dulu.
  • Buka semua penutup tabung infus kecil warna tinta (hitam, kuning, biru dan merah).
  • Hubungkan printer dengan laptop atau komputer kalian menggunakan kabel USB.
  • Buka Control Panel > Hardware and Sound > Device and Printers, dan Klik Kanan pada printer yang terdeteksi pilih menu Printer Properties.
  • Pada tab Maintenance, pilih menu Deep Cleaning kemudian pilih warna tinta yang tidak mengalir pada selang infus. Apabila hanya warna hitam saja yang tidak keluar, maka pilih Black. Namun jika semua warna bermasalah, silahkan pilih All Colors.
  • Jika sudah klik Execute.
  • Apabila muncul Start head deep cleaning? Maka pilih saja OK maka secara otomatis proses deep cleaning akan berjalan.
  • Tunggulah hingga proses selesai.

Apabila kalian perhatikan ketika melakukan proses deep cleaning, maka akan terlihat rongga di selang berupa angin dan diiringi oleh tinta.

  • Saat proses sudah selesai, kalian bisa memilih Print Check Pattern untuk memeriksa apakah tinta bisa keluar atau tidak.

Baca Juga: Printer Infus Pabrikan Terbaik (Rekomendasi Terbaru)

Kesimpulan

Cara mengatasi tinta printer infus tidak naik atau tidak mengalir yang paling ampuh kalau menurut saya pribadi adalah dengan melakukan deep cleaning. Karena deep cleaning akan menyedot tinta yang terdapat pada selang infus untuk bisa mengalir dan didorong keluar.

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang bisa saya berikan untuk kalian tentang penyebab dan cara mengatasi tinta printer infus tidak naik atau mengalir. Semoga dengan adanya keterangan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan kalian, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.